Hal-Hal Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Masuk Pesantren

Persiapan Masuk Pesantren atau hal-hal yang perlu dipersiapkan (dibawa) oleh santri baru atau dipersiapkan oleh orang tua saat memasukkan anaknya ke Pondok Pesantren.

1. INFORMASI PESANTREN
Hal paling awal yang harus diketahui adalah informasi atau gambaran mengenai pesantren yang dituju. Ada beberapa jenis pesantren:

  • Pesantren Salaf Murni yaitu pesantren yang fokus pada pembelajaran agama (diniyyah) saja, tanpa ada pendidikan formal. Pesantren seperti ini biasanya murni pengkaderan ulama atau pengajar dibidang ilmu-ilmu agama Islam. Otomatis pesantren jenis ini juga ada tahfidz Al-Qur’an, sebab adanya penekanan hafalan didalamnya baik al-Qur’an, hadits, nadham maupun lainnya.
  • Pesantren Modern atau ‘Ashriyah atau al-Haditsiyyah, pesantren yang mengajarkan ilmu agama (kurikulum pesantren / diniyyah) sekaligus memiliki jenjang pendidikan formal, baik kurikulum Dinas Pendidikan atau Kementerian Agama. Pesantren seperti ini berupaya melakukan kombinasi antara pendidikan pesantren dan pendidikan formal dengan porsi yang berbeda-beda setiap pesantren.

Pondok Pesantren Modern Al-Muttaqien Balikpapan termasuk jenis pesantren yang kedua.

Selain jenis tersebut, perlu juga mengetahui mengenai paham keagamaan atau afiliasi paham keagamaan yang dijadikan pijakan atau dikembangkan didalam pesantren tersebut. Pondok Pesantren Modern Al-Muttaqien Balikpapan merupakan pesantren yang berada dilingkungan Nahdlatul Ulama.

2. PERRSIAPAN NON-FISIK
Sebelum masuk ke Pesantran, atau bahkan sebelum menentukan pesantren yang akan dituju, mental juga perlu dipersiapkan, baik mental anak maupun orang tua. Seorang calon santri setidaknya sudah memiliki gambaran atau orang tua memberikan gambaran bahwa masuk ke pesantren tidak lain kecuali dengan niat menuntut ilmu, menggapai ridlo Allah Subhanahu wa Ta’ala, menghilangkan kebodohan dan lain sebagainya.

Orang tua, khususnya ibu harus siap berpisah dengan anaknya untuk sementara waktu.

Orang tua dan anak harus saling bersinergi karena kesuksesan seorang anak tidak pernah lepas daripada do’a dan perjuangan orang tua. Orang tua harus selalu mendo’akan anaknya yang sedang menuntut ilmu, demikian pula seorang anak harus selalu mendo’akan orang tua ketika berada di pesantren.

3. PERSIAPAN FISIK
Persiapan fisik meliputi kondisi tubuh dan hal-hal yang perlu dibawa saat masuk ke Pondok Pesantren Modern Al-Muttaqien :

– Al-Qur’an dan alat tulis
Santri membawa Al-Qur’an ukuran besar (wajib). Sebagai penunjang boleh membawa Al-Qur’an terjemah dan Juz ‘Amma. Santri membawa alat tulis yang diperlukan seperti buku tulis, gambar, pulpen warna hitam, pensil, penggaris, penghapus dan alat-alat tulis lainnya.

– Perlengkapan Shalat
Meliputi baju koko atau baju lengan panjang, sarung, atau gamis / jubah, kopiah warna hitam (wajib), sorban dan sajadah bila ada. Bagi santriwati membawa mukenah. Bawa perlengkapan shalat secukupnya. Gamis pesantren disediakan oleh pesantren.

– Pakaian Sehari-hari
Pakaian meliputi celana panjang bagi putra, gamis bagi putri, rok panjang bagi putri, pakaian olahraga, sandal, pakaian dalam, kaos kaki dan lain sebagainya.

Santri dilarang menggunakan celana pendek. Wajib berpakaian menutupi aurat.

– Perlengkapan Mandi dan Mencuci
Meliputi ember, gayung, deterjen, sabun, shampho, handuk, sikat gigi, pasta gigi, softener, sikat baju, hangger / gantungan baju, dan lainnya.

– Perlengkapan Tidur
Meliputi alas untuk tidur semacam kasur tipis yang bisa digulung atau dirapikan kembali, bantal, selimut, dan lain sebagainya. Lotion anti-nyamuk atau alat pengusir nyamuk bila diperlukan.

– Perlengkapan Makan
Meliputi piring (lebih baik gunakan piring yang tidak mudah pecah), mangkuk, gelas, sendok, botol minum dan lain sebagainya yang diperlukan.

– Perlengkapan Sekolah
Perlengkapan sekolah terdiri dari alat tulis seperti diatas, tas, sepatu warna hitam, kaos kaki warna hitam, seragam sekolah sesuai dengan jenjang masing-masing. Seragam disediakan oleh sekolah.

– Obat Khusus
Bagi calon santri yang memiliki riwayat penyakit tertentu, hendaknya membawa perlengkapan obat yang khusus untuk penyakitnya dan wajib melaporkan riwayat gangguan kesehatannya kepada pengurus pesantren.

4. HAL-HAL LAIN YANG PENTING

1. Seragam MOS/PLPS
Santri semua jenjang wajib membawa seragam untuk kegiatan Pengenalan Lingkungan Pesantren dan Sekolah (PLPS) yaitu bawahan hitam (celana hitam bagi putra, rok hitam bagi putri), atasan putih lengan panjang, kerudung warna hitam bagi putri.

2. Penting! Memberi Identitas
Semua barang yang dibawa harus diberi TANDA atau NAMA dengan sesuatu yang tidak bisa luntur atau terhapus agar barang bawaan masing-masing tidak tertukar. Pakaian disarankan agar bordir nama, sedangkan peralatan keras seperti ember, piring dan lain sebagainya bisa menggunakan cat/ tipe-ex, spidol tahan air, goresan atau lainnya.

5. HAL-HAL YANG TIDAK BOLEH DIBAWA

Santri dilarang membawa Handphone atau alat komunikasi lainnya. Tetapi boleh membawa Laptop bagi santri jenjang SMK Nahdlatul Ulama untuk menunjang proses belajar, tetapi wajib dititipkan di kantor sekolah.

INFO TANGGAL MASUK PESANTREN
LIHAT : Informasi Libur Akhir Tahun, Ramadhan dan Idul Fitri 1438 H

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*